Accounting

Akuntansi Startup

Akuntansi Startup melibatkan pencatatan transaksi keuangan yang akurat dan memeriksa keuangan Anda untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan dan peningkatan.

Perusahaan rintisan perlu membangun landasan akuntansi yang kuat agar tetap terorganisasi, meningkatkan efisiensi, memperoleh pembiayaan, mengendalikan pengeluaran, dan mengidentifikasi kemungkinan risiko dan peluang bagi bisnis. Baik Anda menyewa akuntan atau memilih perangkat lunak akuntansi lainnya , Anda perlu memahami dasar-dasar akuntansi perusahaan rintisan.

Poin-poin Utama

  • Pelajari dasar-dasar akuntansi dan pembukuan startup untuk membiasakan diri dengan pencatatan dan tanggung jawab pajak Anda
  • Berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi yang baik untuk perusahaan rintisan akan membuat Anda dan bisnis Anda tetap pada jalurnya sepanjang tahun
  • Jaga dokumen Anda tetap teratur; Anda akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang
  • Teliti pilihan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda—pinjaman dan modal tersedia untuk perusahaan rintisan jika Anda tahu di mana mencarinya

Mengapa Akuntansi Penting untuk Bisnis Rintisan?

Menjalankan bisnis didasarkan pada laba bersih. Keberhasilan perusahaan akuntansi startup Anda didasarkan pada manajemen anggaran yang efisien, penyeimbangan pembukuan, dan modifikasi strategi keuangan bila diperlukan. Praktik akuntansi yang efektif dan manajemen keuangan yang baik menghasilkan keuntungan bagi para pemangku kepentingan dan pemilik bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat utama akuntansi untuk perusahaan rintisan:

  • Proses akuntansi memungkinkan pemilik bisnis melihat posisi bisnisnya dan bagaimana kinerja keuangannya.
  • Hal ini memungkinkan bisnis memahami data keuangan mereka, aktivitas masa lalu, dan posisi mereka saat ini untuk merencanakan masa depan.
  • Akuntansi memungkinkan bisnis rintisan untuk melacak utang mereka dari pemasok dan pemberi pinjaman untuk barang/jasa yang dibeli dan piutang dari pelanggan untuk layanan yang diberikan atau barang yang dijual.
  • Pemilik usaha kecil dan perusahaan rintisan menggunakan akuntansi keuangan untuk mengomunikasikan informasi eksternal kepada pemangku kepentingan eksternal yang menggunakan informasi keuangan perusahaan, seperti bank, IRS, pemasok, kreditor, calon investor, dan perusahaan leasing.
  • Akuntansi juga digunakan untuk berbagi kekuatan dan kelemahan perusahaan dengan karyawan.
  • Pemilik usaha kecil dapat menggunakan informasi akuntansi keuangan untuk menganalisis pesaing dan mengevaluasi peluang investasi.

Catatan Keuangan Apa yang Harus Dimiliki Sebuah Perusahaan Rintisan?

Perusahaan akuntansi startup harus melacak semua dokumen yang menunjukkan transaksi dan catatan. Jadi, ini berarti segalanya. Contoh beberapa pelaporan dan catatan keuangan meliputi:

  • Laporan Bank
  • Laporan Kartu Kredit
  • Tagihan
  • Tanda terima
  • Faktur
  • Laporan Keuangan
  • Formulir Pajak
  • Surat Pemberitahuan Pajak dan Dokumen Pendukung

Apa Dasar-Dasar Pembukuan?

Anda harus memikirkan banyak hal saat memulai bisnis! Mungkin terasa berat, tetapi mempelajari dasar-dasarnya dan memutuskan cara menangani catatan keuangan Anda sejak dini sangatlah penting. 

Setiap pemilik bisnis perlu memiliki metode pembukuan terstruktur yang mencatat uang masuk dan keluar dari bisnis. Ini akan membantu Anda memantau pendapatan dan pengeluaran, melacak anggaran, memenuhi kewajiban keuangan, dan mengambil tindakan jika timbul masalah.

Pembukuan itu penting! Berikut ini beberapa dasar akuntansi yang akan memastikan kesehatan keuangan perusahaan rintisan: 

Menganalisis Transaksi Bisnis

Proses pembukuan melibatkan pencatatan transaksi bisnis dan pembuatan entri tertentu. Sistem akuntansi dan perangkat lunak pembukuan seperti memiliki bagan yang mencantumkan semua akun hutang Anda dan kategorinya. Misalnya, Anda dapat memposting semua penjualan ke akun pendapatan dan arus kas keluar ke akun biaya.

Menulis Entri Jurnal

Jurnal menyimpan catatan harian semua transaksi. Entri jurnal dibuat dari dokumen yang berisi informasi keuangan, seperti kwitansi, tagihan, dan faktur.

Dalam metode akuntansi ini, setiap transaksi ditugaskan ke akun tertentu menggunakan entri jurnal , dan perubahan dalam akun dicatat menggunakan debit dan kredit.

Menyimpan Faktur

Faktur adalah dokumen yang mencantumkan produk dan layanan yang diberikan bisnis kepada klien mereka. Klien memiliki kewajiban untuk membayar bisnis atas layanan yang diberikan atau barang yang dijual. Singkatnya, faktur merupakan bagian penting dari cara bisnis kecil menghasilkan uang. Jika Anda baru saja memulai bisnis Anda sendiri, Anda mungkin ingin menggunakan templat faktur untuk melacaknya. Saat Anda maju dan berkembang, Freshbooks memiliki perangkat lunak faktur yang sangat baik yang akan memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan dan menyederhanakan proses faktur. Ini akan menghemat waktu dan uang Anda serta membuat Anda dibayar lebih cepat.

Posting ke Akun Buku Besar

Kumpulan akun yang saling terkait dikenal sebagai buku besar. Akun-akun tersebut secara umum dikategorikan ke dalam 5 jenis akun utama: aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban. Ketika entri jurnal menunjukkan perubahan, saldo diperbarui dalam akun yang sesuai. Informasi dalam jurnal yang muncul secara berurutan diringkas dalam buku besar berdasarkan akun per akun. Untuk pemahaman yang mendalam tentang buku besar, pertimbangkan untuk membaca artikel kami tentang Apa itu Buku Besar . Artikel ini membahas topik-topik utama seperti Perbedaan Antara Jurnal dan Buku Besar dan Cara Menulis Buku Besar Akuntansi.

Informasi dalam jurnal yang muncul secara berurutan dirangkum dalam buku besar berdasarkan akun per akun.

Neraca Saldo Percobaan

Untuk memastikan bahwa entri jurnal telah dicatat dan diposting dengan benar, usaha kecil menggunakan metode akuntansi neraca saldo untuk memeriksa ulang saldo akun untuk periode waktu tertentu. Neraca saldo memastikan bahwa saldo debit dan kredit dalam akun buku besar cocok. Jika tidak, Anda tahu telah terjadi kesalahan.

Rekonsiliasi Laporan Bank

Seorang pembukuan merekonsiliasi laporan bank secara berkala untuk memastikan saldo rekening bank Anda sesuai dengan saldo kas di buku besar Anda. Hal ini dapat dilakukan setiap minggu, bulan, atau bahkan setiap tiga bulan. Jika jumlah dalam laporan bank dan catatan internal tidak cocok, Anda perlu mencari tahu di mana letak perbedaannya dan menyesuaikan entri untuk memastikannya sesuai dengan laporan bank dengan benar. Sistem akuntansi seperti FreshBooks dapat membantu. 

Entri penyesuaian umumnya adalah transaksi yang belum dicatat yang belum terjadi tetapi akan terjadi pada akhir periode pelaporan untuk mencatat pendapatan atau beban yang belum diakui atau untuk mengoreksi transaksi yang dicatat.

Pengembalian Pajak

Tidak diragukan lagi bahwa menyimpan catatan pengembalian pajak bisnis Anda sangatlah penting. Yang juga penting adalah melacak dan memelihara catatan dan formulir ini sepanjang tahun. Baik itu pengembalian pajak bisnis pertama Anda atau Anda seorang profesional, memiliki sistem yang terorganisasi untuk dokumen Anda akan menghemat banyak stres. FreshBooks dapat membantu dengan menjaga sistem akuntansi Anda tetap terorganisasi, memungkinkan Anda dan profesional pajak Anda untuk menemukan semua informasi saat Anda perlu mengajukan.

Penutupan Akun

Sebagian besar bisnis memiliki rekening bank pendapatan dan biaya (alias rekening sementara) yang menyediakan informasi untuk laporan laba rugi perusahaan. Pada akhir siklus akuntansi, rekening-rekening ini ditutup, yang berarti saldo rekening sementara berkurang menjadi nol.

Laporan yang disebut Laba Rugi dibuat untuk menunjukkan pendapatan atau kerugian bersih suatu entitas bisnis dalam periode akuntansi tertentu.

Pembukuan yang baik memberikan catatan yang terperinci, akurat, dan tepat waktu kepada para pengusaha dan pemilik usaha kecil yang membantu pengambilan keputusan, perpajakan, dan audit. Ini merupakan bagian penting dari manajemen bisnis dan pertumbuhan bisnis yang baik.

Perangkat Lunak Akuntansi untuk Startup

Perangkat lunak akuntansi merupakan salah satu alat yang paling membantu dan ampuh yang dapat Anda tambahkan ke perangkat akuntansi rintisan Anda. Dengan perangkat lunak akuntansi wiraswasta , Anda dapat melacak transaksi bisnis, membuat faktur, memelihara catatan keuangan, dan siap menerima pengembalian pajak. Jenis perangkat lunak ini akan memberi tahu Anda tentang posisi keuangan perusahaan Anda dan memudahkan Anda untuk menyimpan berkas, tanda terima, dokumen, dan catatan secara teratur.

Bagaimana Anda Memulai Sistem Akuntansi Bisnis Baru?

Pemilik bisnis dapat mengikuti daftar periksa ini untuk memulai:

  1. Buka rekening bank terpisah untuk memisahkan keuangan bisnis Anda dari rekening pribadi.
  2. Lacak pengeluaran bisnis Anda secara berkala, termasuk tanda terima, tagihan, faktur, dan bukti pembayaran, pastikan semuanya tercermin dalam laporan keuangan dan pengembalian pajak.
  3. Berdasarkan struktur bisnis dan kebutuhan akuntansi Anda, buatlah sistem pembukuan. Anda dapat melakukannya secara mandiri, mengalihdayakannya, atau menyewa pembuku internal. Pahami kewajiban pajak Anda; pastikan Anda mematuhi tenggat waktu pelaporan dan mengetahui segala denda yang berlaku. 
  4. Gunakan neraca, laporan arus kas, laporan laba rugi, dan laporan serta dokumen keuangan lainnya untuk mengevaluasi kesehatan keuangan bisnis Anda secara berkala.

Seiring pertumbuhan dan peningkatan pendapatan perusahaan rintisan Anda, sistem pencatatan Anda akan menjadi lebih rumit dan penting untuk dipelihara. Inilah sebabnya mengapa memulai dengan sistem yang terorganisasi dengan baik saat Anda menjalankan bisnis sangatlah penting. Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi yang sederhana dan intuitif untuk perusahaan rintisan guna mengotomatiskan proses akuntansi dan memperoleh tampilan terkini tentang arus kas Anda.

Kesimpulan

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, memulai bisnis baru membutuhkan banyak pekerjaan! Salah satu langkah terpenting yang perlu Anda ambil untuk menyiapkan sistem akuntansi adalah memastikan bahwa berkas dan dokumen Anda terorganisasi. Jika Anda memahami istilah-istilah akuntansi dasar dan berinvestasi dalam paket perangkat lunak akuntansi yang baik, Anda akan berada di jalur yang tepat menuju kesuksesan. Pencatatan dan akuntansi tidak harus menakutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *